1.
|
Aspek
Pasar
|
|
Membaca
pasar secara
akurat merupakan langkah yang sangat penting sebelum memulai
usaha. Produk
pesaing yang banyak bukan alasan kita untuk mengurungkan niat memulai
usaha. Justru sebaliknya dengan banyak nya pesaing memperlihatkan bahwa
pasar yang kita masuki sangat terbuka. Sebaliknya kalau jumlah pesaing
sedikit atau tidak ada, jangan lantas kita terjun ke ceruk pasar tersebut,
jangan-jangan memang tidak ada pangsa pasarnya. Bila kita memasuki pasar
yang ketat kuncinya adalah produk yang unik, yang berbeda dengan yang lain,
yang ada keunggulannya dengan yang lain.
|
2.
|
Aspek
Pemasaran
|
|
Berdasarkan
analisis pasar yang ada, aspek pemasaran
harus disesuaikan dengan target market yang akan kita bidik. Perlu diperhatikan empat aspek pemasaran yaitu
4 P :
|
|
A.
Product
Produk / Jasa mencakup mutu, kemasan, layanan, rasa, purna jual yang
disesuaikan dengan konsumen.
|
|
B.
Price atau Harga
Harga harus disesuaikan dengan target konsumen yang akan kita bidik. Harga
untuk konsumen yang berpenghasilan tinggi, menengan, atau bawah. Sesuaikan
harga, produk dengan target konsumen.
|
|
C.
Place = Tempat Menjual
Lokasi adalah salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan. Setiap usaha mempunyai
kharakteristik tempat yang disesuaikan dengan jenis usaha dan target
konsumennya. Lakukan survey untuk mencari tempat yang sesuai. Amati potensi
pasarnya, potensi permintaanya, dan prospek pengembangan wilayahnya.
|
|
D.
Promosi
Promosi tidak harus mahal, brosur, iklan baris adalah
salah satu bentuk promosi. Produk yang bagus pun bisa menjadi bentuk
promosi mouth to mouth jika produk kta kita memang disukai konsumen.
Lakukan promosi yang kontinyu supaya memberikan effek kontinuitas produk
kita.
|
3.
|
Aspek
SDM
|
|
SDM adalah salah satu asset usaha
yang berharga, sebelum memilih pegawai perhatikan masalah kepribadian,
kesetiaan dan kemampuanya. Kalau usaha kita masih kecil pilihlah pegawai
yang serba bisa atau multitasking Job Desk, sehingga kita bisa menghemat
anggaran.
|
4.
|
Aspek
Teknis
|
|
Aspek
teknis berkaitan erat dengan teknis produksi dan operasional. Kita harus
merencanakan dengan baik bagaimama produksi berjalan, dimana kita mencari
bahan baku, bagaimana proses produksinya, bagaimana cara pengemasannya.
Kita sebaiknya memiliki keterampilan yang baku dalam aspek ini supaya
menghasilkan produksi yang efisien dan effektif.
|
5.
|
Aspek
Keuangan
|
|
Aspek
yang paling penting dalam studi kelayakan usaha adalah perhitungan
matematis untung rugi. Berapa modal yang dibutuhkan. Berapa biaya produksi,
biaya promosi sehingga kita bisa menentukan harga jual yang kompetitif
dengan memperjuangkan keungtungan yang kita harapkan. Kita juga harus
memperhitungkan return of
investment (ROI) atau
tingkat pengembalian modalnya. Perhatikan juga arus kas (Cashflow).
Selama arus kas masuk lebih besar dari arus keluar berarti usaha kita tetap
bisa jalan. Arus kas diibaratkan darah dalam tubuh kita.Perlu diketahui
studi kelayakan ini untuk usaaha dalam skala kecil atau rumahan yang tidak
memerlukan perhitungan yang rumit.
|
menambah wawasan sekali infonya
BalasHapusnet axisworld co id